• Sabtu, 30 September 2023

Strategi dan Inovasi Perusahaan NVIDIA Yang Capai Omset 1 Triliun, Para Pebisnis Wajib Baca!

- Kamis, 14 September 2023 | 09:10 WIB
Strategi dan Inovasi Perusahaan NVIDIA Yang Capai Omset 1 Triliun, Para Pebisnis Wajib Baca!
Strategi dan Inovasi Perusahaan NVIDIA Yang Capai Omset 1 Triliun, Para Pebisnis Wajib Baca!

RuanganInfo.com - NVIDIA merupakan sebuah perusahaan semi konduktor pertama yang mencapai nilai pasar 1 triliun Dolar AS pada bulan Mei 2023.

Padahal jika dilihat dari 7 tahun sebelumnya, Nvidia dianggap sebagai perusahaan yang tidak dlirik dan diperhitungkan dalam persaingan industri. Apa yang terjadi? Apa strategi dan inovasi yang dilakukan Nvidia?

Bagaimana peran Huang Jensen seorang imigran Taiwan yang mendirikan NVIDIA 30 tahun silam?

Baca Juga: Wow! Ternyata Ini Strategi Marketing yang Digunakan Mixue Hingga Punya Gerai Dimana-mana

Huang Jensen, imigran Taiwan, kuliah di Standford dan bekerja di Silicon Valley. Pada 1993, Ia dan dua koleganya mendirikan NVIDIA.

Meski awalnya gagal, mereka berhasil menciptakan chip revolusioner RIVA 128 dan GeForce, cocok untuk komputasi grafis. Ketajaman bisnis, visi dan ketekunan mengubah NVIDIA dari hampir bangkrut menjadi raksasa GPU, sampai melakukan IPO pada 1999.

Pada tahun 2006, NVIDIA memperkenalkan revolusi teknologi , dengan CUDA, yang memfasilitasi pemrosesan paralel pada GPU, memungkinkan pemrosesan grafis menjadi lebih detail dan pemrosesan video menjadi lebih cepat.

Lebih dari sekadar peningkatan grafik, CUDA membuka peluang besar bagi dunia pemrograman termasuk mempercepat pengembangan model deep learning.

Dengan bantuan teknologi CUDA, deep learning, yang terinspirasi dari kerja otak manusia dan membutuhkan komputasi besar, mendapatkan dorongan besar.

Pada tahun 2010, diskusi antara para pemimpin di Google membawa teknik ini ke pusat panggung teknologi, dimana Google Brain lahir dan mengintegrasikan deep learning ke dalam layanan utama Google.

Dengan semakin populernya deep learning, peneliti seperti Alex Krizhevsky menunjukkan keunggulannya dengan mengalahkan standar industri dalam mengenali gambar.

Perusahaan raksasa seperti Google, Microsoft, dan Amazon mengandalkan GPU NVIDIA untuk data center dan Al. Munculnya teknologi Al Large Language Model seperti ChatGPT oleh OpenAl, dengan ribuan chip NVIDIA dan investasi ratusan juta dolar.

Kisah NVIDIA mengajarkan kitan bagaimana perjalanan awal yang penuh tantangan dan kegagalan awal dalam produk dapat menjadi pendorong untuk terus berinovasi.

Dengan menciptakan teknologi seperti CUDA yang memungkinkan pemrosesan data secara paralel, NVIDIA berhasil memimpin dalam pengembangan deep learning dan Al.***

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Tags

Terkini

Cara Scan Manual Siaran TV Digital Yang Hilang Di STB

Selasa, 26 September 2023 | 16:50 WIB

Hentikan Hal Ini Agar Konsol PS5 Kalian Tidak Rusak

Selasa, 26 September 2023 | 15:15 WIB

Cara Instal PPSSPP di iPhone dengan Mudah

Selasa, 26 September 2023 | 10:53 WIB

Cara Mencari Sinyal TV Digital di STB Melalui HP Android

Senin, 25 September 2023 | 15:25 WIB

Kemampuan HP Android Untuk Menonton TV Digital

Minggu, 24 September 2023 | 08:24 WIB
X